3 Teknologi Garis Gawang Canggih Pada Pertandingan Sepak Bola

Kontroversi Ghost Goal Frank Lampard pada helatan FIFA World Cup 2010 Germany hingga Ghost Goal AC Milan vs Juventus adalah beberapa kontroversi yang menekan FIFA dan UEFA untuk penggunaan Goal Line Technology (Teknologi garis gawang) di pertandingan resmi.

Akhirnya pada helatan Piala Dunia FIFA 2014 Brazil, FIFA memutuskan Teknologi Garis Gawang untuk memberikan rasa adil di pertandingan sepak bola!

Apa saja teknologi garis gawang yang digunakan FIFA pada pertandingan sepak bola resmi saat ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Teknologi Garis Gawang Pada Permainan Sepak Bola

Teknologi Garis Gawang memiliki 3 perangkat utama, yaitu Smart Ball System, Hawkeye System, dan Goal Ref System. Ketiga sistem tersebut terintegrasi satu sama lain hingga berujung pada informasi wasit sah atau tidaknya sebuah goal.

Smart Ball System

Smart Ball System

Sebuah proyek imajinatif dimulai oleh perusahaan Jerman Cairos Technologies dan Adidas sebagai dasar Goal Line Technology.

Sensor akan dipasang di Bola yang digunakan di pertandingan. Nantinya Sensor ini akan mengirimkan sinyal ke sensor yang terpasang di sekitar lapangan.

Sinyal dari sensor Smart Ball System nantinya akan terintegrasi dengan Hawkeye System yang terpasang di gawang untuk memutuskan sah atau tidaknya sebuah gol.

Hawkeye System

Hawk Eye

Sistem yang dikembangkan oleh Hawk-Eye, sebuah perusahaan asal Inggris ini, berhasil melewati uji coba dengan sukses dan terdepan pada sistem pengembangan teknologi Hawk-Eye.

Sistem ini sebelumnya sudah digunakan di olahraga Tennis dan Cricket. Pada versi sepak bola, sistem menggunakan 3 kamera yang terfokus pada setiap garis gawang dan mengambil 600 Frame setiap detiknya.

Ada 2 sistem untuk memutuskan bola sudah melewati garis gawang atau belum, yaitu melalui jam atau suara. Karena itulah wasit di Liga Premier Inggris menggunakan headset.

Smart Ref System

Goal Ref System

Smart Ref System adalah sistem terakhir dari jaringan Goal Line Technology. Teknologi yang dikembangkan oleh Fraunhofer IIS ini berbasis sistem gelombang radio.

Sinyal yang dikirimkan adalah sinyal Smart Ball System dan Hawk-Eye System. Gelombang akan diterima dan menunjukkan sah atau tidaknya Gol yang terjadi.

Itulah beberapa teknologi garis gawang paling canggih yang digunakan pada sepak bola saat ini. Teknologi tersebut digunakan untuk meminimalisasi kejadian gol ‘aneh’ pada pertandingan sepak bola.

 

Sumber