Bagir Manan: Lembaga Akan Kuat Jika Mendapatkan Kepercayaan Dari Publik

Beritatransparansi.com, Jakarta – Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Focus Group Discussion tentang Reposisi dan Penguatan Kelembagaan Komisi Informasi Jilid II di Gedung Graha Mental Spiritual Lt. 8 jalan Awaludin 2 Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu hingga Jumat (3-5/4/17).

Pada kegiatan tersebut dihadiri perwakilan  dari Komisi Informasi Provinsi, di antaranya KI Banten, KI Bali, KI Lampung, KI Sulsel, KI Jabar, KI Jateng dan KI NTB.

Pro. DR. Bagir Manan, S.H., MCL menyampaikan bahwa keterbukaan adalah membangun sistem tatanan yang bertanggung jawab.

“Fungsi KIP adalah sebagai lembaga untuk membangunan penggunaan informasi yg bertanggungjawab,” ujar mantan Ketua Mahkamah Agung RI periode Tahun 2001-2008.

Menurutnya, suatu lembaga akan menjadi kuat apabila mendapatkan kepercayaan dari publik.

Dikatakannya, informasi itu terdiri dari Informasi publik dan informasi non publik. “Informasi non publik yang tidak boleh dibuka ada yang bersifat umum dan Privat (pribadi-Red),” ujarnya.

Menurutnya, hal yang terpenting dalam hal  pemeriksaan yang paling pokok adalah apa yang menjadi keperluan Pemohon mendapatkan informasi itu.

“Seperti Mahasiswa meminta informasi untuk keperluan Skripsi/tesis,” ujarnya mencontohkan.

“Jangan sampai Informasi publik yang sudah diputuskan oleh Komisi Informasi dapat disalahgunakan oleh Pemohon informasi,” katanya (bt).