Begini Cara Hadapi Persoalan Hukum

Gambar Ilustrasi
Gambar Ilustrasi

Serang – Setiap orang pasti ada yang pernah mengalami persoalan hukum, baik persoalan hukum itu bersifat kecil ataupun besar karena persoalan hukum sangat tidak mudah dihadapi.

Bagaimana cara menghadapinya?

Menurut Dr. Mochamad Arifinal, S.H., M.H banyak kasus hukum yang melibatkan seseorang namun dirinya tidak tenang dalam menghadapi persoalan hukum tersebut, “ kuncinya harus tenang, jangan panik, konsultasikan permasalahan itu dengan ahlinya,” ujar Arifinal kepada beritatransparansi.com di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kota Serang, Senin (9/10).

Menurutnya, bagi orang yang tersandung persoalan hukum tersebut harus terbuka kepada orang terdekatnya,” ceritakan masalah hukum terhadap orang terdekat, jangan memendam sendiri,” kata Arifinal yang juga masih menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Hukum itu.

Tidak hanya itu, Arifinal juga menyarankan kepada orang yang tersangkut kasus hukum untuk mengenali kasus tersebut secara detail dan rinci.

“Kenali kasusnya secara detail dan rinci, agar tidak salah mengambil langkah,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Trio Alberto, S.H., M.H. yang juga merupakan alumni dari Pasca Sarjana Untirta bahwa jika seseorang mengalami persoalan hukum untuk tidak menghindarinya.

“Harus kita hadapi dan jangan menghindar,” ujar Trio.

Pria yang saat ini kesehariannya sebagai Asisten Ahli di Komisi Informasi Provinsi Banten tersebut menghimbau agar tidak takut menghadapi siapapun lawannya dalam persoalan hukum.

“Siapapun lawannya, ya harus dihadapi, jangan takut karena kita mempunyai hak untuk mencari keadilan,” tegasnya.

Trio juga menyarankan bagi seorang yang tersangkut persoalan hukum, untuk mencari sebuah regulasi yang pas dan relevan jika kasus hukum tersebut sampai ditingkat peradilan.

“Cari regulasi yang pas untuk menghadapinya jika sampai ke peradilan,” tutupnya. (bt)

Beri rating artikel ini!