Cegah Korupsi, Yhannu Janjikan Pemerintah Yang Lebih Transparan

Serang – Bakal calon walikota Serang, Yhannu Setyawan menyatakan akan membangun program pemerintah di Kota Serang yang lebih transparan jika dipercaya untuk menjadi walikota Serang periode 2018 – 2023.

“Transparansi menjadi kunci dari pengelolaan pemerintahan yang baik, bersih dan meningkatkan partisipasi publik,” kata Yhannu usai temu warga di Cipocok, kota Serang, Sabtu (9/12/2017).

Diketahui, Yhannu merupakan mantan ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten. Pengalamannya dalam memimpin lembaga yang konsen dalam mengawal proses keterbukaan informasi di provinsi Banten, menjadi bekal dirinya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan Kota Serang yang terbuka

Yhannu berjanji akan menghadirkan aplikasi yang dapat digunakan warga Kota Serang untuk melihat semua yang dianggarkan dan dikerjakan oleh pemerintah kota Serang dalam mengelola dan mengeluarkan kebijakannya. “Salah satu syarat meningkatkan partisipasi, warga harus tahu persis alokasi untuk apa, berapa, di mana, kapan, dan ini cara kita untuk bisa bangun¬†good governance¬†di Kota Serang,” ujar Yhannu

Dengan transparansi, bagi Yhannu bisa meningkatkan sistem pemerintahan yang lebih baik lagi.

Mengenai peringatan Hari Anti-korupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember, Yhannu merasa perlu menciptakan Kota Serang sebagai zona bebas korupsi.

“Korupsi itu menjadi penghambat pembangunan kota,” katanya.

Untuk membebaskan korupsi salah satu praktek menurutnya dengan mengatasi kemiskinan. Ia melihat, kemiskinan masih menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Salah satu cara untuk menyelesaikan persoalan tersebut yakni melalui proses pemberdayaan dan pelatihan wirausaha untuk warga kota Serang. “Program pelayanan diberikan supaya warga lebih mandiri dengan potensi dan pengalaman masing-masing,” ungkapnya.

Yhannu juga menyiapkan program peningkatan fasilitas infrastrukur pendidikan dan kesejahteraan bagi guru pengajar. Dia yakin, pendidikan bisa menghapus kemiskinan. “Kami ingin, semu warga di kota Serang bisa merasakan pendidikan yang baik dan berkualitas dengan fasilitas penunjang yang modern,” pungkasnya. (Bt)