DPW APSI Lampung Gelar Pelatihan Profesi Advokat, Ini Syaratnya

Beritatransparansi.com, Bandar Lampung – DPW APSI Lampung bersama Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Intan Lampung akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA). Pendftaran dimulai dari tanggal 10 September 2016 sampai dengan 30 November 2016 dan pendaftran dapat dilakukan di kantor DPW APSI Lampung dan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Intan Lampung.
Ketua DPW APSI Lampung Hermawan mengatakan bahwa sesuai Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat adalah salah satu dari kewenangan oraganisasi advokat adalah mengadakan pendidikan pelatihan profesi advokat.
Ditambahkannya, bahwa PPPA yang dilaksanakan oleh DPW APSI Lampung ini adalah langkah perdananya. “ini perdananya DPW APSI Lampung mengadakan PPPA, Tujuan dari PPPA ini adalah untuk membina dan mengkader para calon-calon advokat yang handal dan berdaya saing, mengingat dewasa ini advokat atau pengacara dihadapkan tidak hanya mampu membantu masyarakat dalam menegakkan hukum umum saja, tapi bagaimana dapat pula gandrung dalam hukum Islam atau syariah,” ujar Pria alumni fakultas syariah ini.

“harapannya adalah baik dari sarjana hukum atau dari sarjana syariah dapat mengabdikan diri dalam hal penegakan hukum di Lampung pada khususnya, di Indonesia pada umumnya,” katanya saat di hubungi beritatransparansi.com, Selasa (18/10/2016).
Dia juga menjelaskan terdapat kekhususan dalam materi PPPA nanti seperti materi UU tentang Kekeluargaan dan Perbankan Syariah. “ ketika peserta mengikuti PPPA nanti, terdapat materi khusus seperti UU Kekeluargaan kemudian Perbankan Syariah, dan tentu pasca itu kita akan lakukan pemagangan dan ujian advokat yang diselenggarakan oleh APSI secara nasional dan sumpah advokat oleh Pengadilan Tinggi setempat sesuai daerahnya. Sementara APSI Lampung sendiri telah melakukan kerjasama keberbagai instansi terkait dan Pengadilan Agama Kalianda, dan tentunya kedepan kita akan lakukan kerjasama-kerjasama dengan perbankkan syariah yang ada dilampung.,” tutur Hermawan.

Tidak hanya itu, Hermawan menambahkan dalam pendidikan itu akan ada sajian materi mediasi, konteks lawyer syariah ini pasti akan menemukan perkara-perkara yang bersifat perdata maupun kekeluargaan.

“Pada prinsipnya kan perkara-perkara hukum itu tidak mesti harus diselesaikan di meja hijau, para calon-calon advokad yang mengikuti PPPA ini memahami bagaimana juga menyelesaikan persoalan-persoalan melalui proses mediasi,” tutup Hermawan. (bt/red)

Berikut ini persyaratannya:
1. Berlatar belakang pendidikan tinggi hukum (Syari’ah & Hukum Umum),
2. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran,
3. Foto copy KTP yang masih berlaku,
4. Foto copy ijazah yang telah dilegalisir,
5. Foto copy transkip nilai yang telah dilegalisir,
6. Foto background warna merah ukuran 3×4 5 lembar dan ukuran 4×6 = 2 lembar,
7. Administrasi biaya pendaftaran: Rp. 250.000 biaya pendidikan: Rp. 4.500.000
8. Kuota peserta 100 orang.

Info lebih lanjut dapat menghubungi :
Syeh Syarip, S.H.I., M.H.I (0821-847-132-61)
Herfin Yoki Pradikta,S.H.I.,M.H.I (0822-826-084-20)
Jefrei, S.H (0812-261-64-896)
Ahmad Burhanuddin,S.H.I.,M.H.I (0812 7899 9306 )