Mustafa Launching Kampung Wisata Terbanggi Besar

Beritatransparansi.com, Lampung Tengah – Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa malaunching kampung wisata di Dusun 1 Kampung Terbanggi Besar Lampung Tengah, Selasa, (1/11/2016). Prosesi adat begawi digelar dalam peresmian kampung wisata tersebut.

 

Kampung Terbanggi besar memiliki banyak nilai sejarah, ada istiadat, budaya dan kesenian. Pertimbangan tersebut menjadikan Terbanggi Besar sebagai kampung wisata di Lampung Tengah.

 

“Terbanggibesar merupakan pusat pemerintahan pertama di Lampung. Peninggalan-peninggalannya masih ada, seperti rumah adat Nuwo Balak yang dibangun pada tahun 1696 dan Nuwo Kattur (rumah kantor) pada 1832. Banyaknya cagar budaya di Terbanggi Besar, Pemkab menginisiasi kampung wisata disini,” ungkap Mustafa.

 

Selain Nuwo Balak dan Nuwo Kattur, juga banyak peninggalan-peninggalan lain yang mengandung nilai sejarah. Selain menjaga cagar budaya, pencanangan kampung wisata diharapkan akan menarik wisatawan dari luar daerah ke Lampung Tengah khususnya Terbanggi Besar.

 

Pemkab, kata dia, akan terus mendorong Lampung Tengah sebagai destinasi wisata di Lampung. “Sektor kerajinan akan kami kembangkan, begitu juga dengan sentra oleh-oleh. UKM akan kami berdayakan untuk memproduksi buah tangan khas Lampung Tengah. Disini juga terdapat kerajinan keris yang banyak dicari masyarakat luar, ini akan kita kembangkan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Camat Terbanggi Besar Supriyatno mengatakan peluncuran kampung wisata di Terbanggi Besar sebagai salah satu implementasi program bupati yakni Terbagus (Terbanggi Besar, Bandar Jaya dan Gunung Sugih). Bandar Jaya sebagai pusat ekonomi, Gunung Sugih sebagai pusat pemerintahan dan Terbanggi Besar sebagai pusat budaya.

 

Terbanggi Besar sendiri selama ini dikenal dengan potensi budaya dan adat istiadatnya. Supriyatno berharap pencanangan ini ditindaklanjuti Pemkab dengan memberikan bantuan fasilitas dan pemberdayaan masyarakat di Terbanggi.

 

“Saya harap pencanangan tidak hanya sampai disini, tetapi ditindaklanjuti dengan uluran tangan pemerintah. Terbanggi Besar adalah wilayah strategis, terlebih dengan pembangunan jalan tol, mudah-mudahan semakin menarik minat masyarakat luar untuk datang kesini,” ungkap Supri.

 

Pihaknya juga berharap diresmikannya Terbanggi Besar sebagai kampung wisata menjadi titik awal untuk mengembangkan potensi adat, budaya, kerajinan dan kesenian di Lampung Tengah.

 

“Disini ada rumah tapis, rumah batik, rumah informasi, rumah pemerintahan, dan kantor pemerintahan kampung wisata. Mudah-mudahan sektor wisata di Lamteng bakal berkembang dengan diresmikannya kampung wisata ini,” harapnya. (angga/red)

Beri rating artikel ini!