Polda Lampung Ringkus Pemilik Akun Uyung Mustofa, Penebar kebencian

Bandar Lampung,- Jajaran Subdit II Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung berhasil meringkus Deni Putra, pelaku tindak pidana ujaran kebencian di media sosial. Pelaku diduga melakukan penghinaan suku Lampung melalui akun facebook bernama Uyung Mustopa.

Pelaku yang bernama Deni Putra (32), warga Kelurahan Manjahlega, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Petugas meringkus pelaku di rumahnya, pada Minggu (17/9/2017). Pelaku merupakan pemilik akun asli Uyung Mustopa.

Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Lampung AKBP Fidelis mengatakan, penangkapan pelaku ujaran kebencian ini berkat tim Cyber Crime Polda Lampung yang berhasil melacak keberadaan pelaku yang sebenarnya.

“Ya, pelaku ini merupakan warga Bandung yang sengaja membuat akun facebook fiktif bernama Uyung Mustopa,” ujarnya saat ekspose di Mapolda Lampung, Senin (18/9/2017).

Menurut Fidelis, foto profil yang digunakan dalam akun facebook Uyung Mustopa itu adalah milik Nemin (16), warga Karawang, Jawa Barat. “Pelaku ini sengaja memakai foto Nemin itu untuk digunakannya di akun Uyung Mustofa. Jadi saudara Nemin ini juga merupakan korban dikarenakan difitnah oleh pelaku,” jelasnya.

Lalu, saat ini pihaknya akan melakukan pembersihan nama Nemin, dikarenakan selama ini para netizen tahu kalau Nemin lah pelaku yang menimbulkan isu sara tersebut. “Ya, untuk ini lah kami akan melakukan pembersihan nama Nemin. Agar, Nemin tidak dituduh lagi bersalah oleh citizen,” pungkasnya.

Dan ia pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam menggunakan foto di media sosial.

“Untuk itu, saya menghimbau apabila masyarakat tetap detil dan memberikan pengamanan khusus agar, foto milik mereka tidak di gunakan oleh orang lain,” tegasnya. (Tom)