PSI Lampung “Ngebut” Kenalkan Ke Masyarakat

Wakil Ketua DPW PSI Lampungberitatransparansi.com, Bandar Lampung – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia beberapa hari yang lalu mengumumkan partai politik baru yang sudah terverifikasi dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik (UU Parpol).

Syarat untuk menjadi badan hukum sesuai ketentuan UU Parpol diantaranya adalah mempunyai kepengurusan pada setiap provinsi dan paling sedikit 50% dari jumlah Kecamatan pada Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

Dilansir dari website Kemenkumham bahwa Untuk Verifikasi tahap I (Administrasi), dilaksanakan tanggal 1 – 15 Agustus 2016 dengan memeriksa dan meneliti persyaratan yang dilampirkan secara administrasi dan substansi, seperti: Surat keterangan Kesbangpol Provinsi, Kabupaten/kota, dan Kecamatan; surat Keterangan domisili Surat keterangan domisili partai yang disertai bukti sah status kantor partai tingkat pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota; Surat pernyataan sebagai pengurus partai politik disertai dengan fotocopy KTP. Kemudian dilanjutkan dengan Verifikasi Tahap II (Faktual) dengan memeriksa secara langsung terhadap keabsahan dokumen persyaratan yang dilaksanakan tanggal 18 Agustus-23 September 2016.

Yasonna H Laoly Meteri Hukum dan HAM dalam Konfrensi Pers di Gedung Kemenkumham Jumat lalu (7/10/2016) mengatakan bahwa ada beberapa yang mendaftar menjadi partai politik namun hanya satu yang memenuhi persyaratan yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

 

Baca Juga: Serahkan LHKPN ke KPK, Sandiaga: Ini Bukti Mendukung Tata Kelola Yang Bersih

Baca Juga: Prasetyo: Soal Dana Kampanye, Pasti Diumumkan Ke Publik

 

PSI sudah tersebar di beberapa provinsi salah satunya adalah DPW PSI Provinsi Lampung. Wakil Ketua DPW PSI Provinsi Lampung Eka Fitriyanti mengatakan dirinya merasa bersyukur atas lolosnya verifikasi tersebut. “ Alhamdulillah.. ini semua berkat doa dan perjuangan tim baik DPP, DPW, DPD sampai ke tingkat DPC kami bisa lolos verifikasi, karena tanpa kalian kami bukan siapa-siapa,” ujar Eka saat diwawancara beritatransparansi.com.

 

Eka menjelaskan bahwa PSI akan memberi warna baru dalam dunia politik, pasalnya mayoritas kader PSI adalah usianya tergolong muda. “ PSI adalah satu-satunya partai anak muda, usianya berkisar 21-45 tahun,” kata wanita alumni SMAN 5 Bandar Lampung itu.

 

Baca Juga: Tim KI Banten Kunjungi Pemkab Pandeglang dan Lebak

Baca Juga: Tata Cara Mengajukan Permohonan Informasi Publik

 

DPW PSI Provinsi Lampung saat ini fokus kepada publikasi terlebih dahulu baik melalui media cetak, televisi Lampung maupun melalui media sosial dengan tujuan pengenalan PSI khususnya di wilayah Lampung.

“bulan ini kami fokus kepada pengenalan PSI khususnya di Lampung melalui media cetak, Televisi Lampung maupun media sosial,” tambah Eka.

 

“PSI merupakan partai perwakilan perempuan, saya harap kedepannya PSI bisa menjadi pintu gerbang bagi perempuan-perempuan hebat Indonesia mendobrak tabu gender dengan menunjukan essensi yang ada dari emansipasi wanita yang sesungguhnya,” tutupnya. (bt)

 

Beri rating artikel ini!